== Ads ==

Baca Nih..!! Kenapa Hari Minggu di Jadikan Hari Libur?

== Ads ==
Kenapa Hari Minggu Libur? - Ini jawaban polos anak anak "Karena Hari Minggu Hari Libur Sekolah" heleh.. itu bukan jawaban, lalu apa jawaban atas pertanyaan Kenapa hari minggu di jadikan hari libur nasional. Kalau begitu kita harus tahu dulu sejarahnya kanapa harus hari minggu, kok bukan hari jumat atau sabtu?

Mengenal Nama Hari Minggu

Hari minggu berasl dari bahasa Portugis Domingo (dari bahasa Latin dies Dominicus, yang berarti "dia do Senhor", atau "hari Tuhan kita"). Dalam bahasa Melayu hari yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu. Kemudian sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, barulah kata ini dieja sebagai Minggu.

Nama lain dari hari minggu adalah bahasa Arab Ahad (satu) atau ahri pertama, sedangkan dalam bahasa Iberani אֶחָד ’eḥāḏ yang artinya satu" atau "pertama". Lalu ada lagi dalam bahasa Sansekerta Aditya, Raditya, Redite atau Dite yang berarti Matahari, dari pergertain ini kita sudah mendekati bahasi Ingrris atau bahas yang di pakai orang eropa dan Amerika yaitu Sunday.

Lalu kenapa harus memilih hari minggu? karena ini mengacu pada orang orang barat (eropa, Amerika) yang mayoritas memeluk agama Kristen yang berhubungan ibadah mereka. Bagi umat Kristen, hari Minggu identik dengan Hari Tuhan dan hari kebangkitan, selain hari peristirahatan dan hari untuk beribadah (anak-anak pergi ke sekolah minggu).

Hal ini bersumber dari tradisi Sabat atau hari perhentian bagi orang Yahudi yang jatuh pada hari ketujuh (Sabtu). Hari peristirahatan tersebut bergeser pada hari pertama sejak peristiwa Kebangkitan Yesus yang terjadi pada hari pertama (hari Paskah), sehingga seiring berjalannya waktu, gereja mula-mula memperingati hari Minggu sebagai hari perhentian bagi orang Kristen sekaligus hari peringatan akan kebangkitan Yesus.

Pada tanggal 7 Maret 321, Kaisar Konstantinus I, menetapkan hari Minggu sebagai hari peristirahatan bangsa Romawi. Para reformator gereja, Luther dan Calvin memandang hari Minggu sebagai institusi sipil yang dibuat oleh manusia, yang menyediakan waktu bagi manusia untuk beristirahat dan beribadah.

Nama Lain Hari Minggu di Seluruh Dunia

Bahasa Kata Arti
Jerman Sonntag Hari matahari
Mandarin 星期日 (xīng qī rì)
Belanda Zondag
Inggris Sunday
Jepang 日曜日 / Nichiyōbi
Swedia Söndag
Denmark Søndag
Katalan Diumenge "Hari Tuhan"
Castelhano Domingo
Esperanto Dimanĉo
Perancis Dimanche
Galego Domingo
Yunani Κυριακή
Indonesia Minggu
Italia Domenica
Portugis Domingo
Romania Duminică
Estonia Pühapäev
Polandia Niedziela
Basque Igande
Turki Pazar
Ceko Neděle "Hari istirahat".
Lituania Sekmadienis Hari ketujuh
Yang jadi pertanyaan lagi bagi anda mungkin ini " Lalu kenapa bangsa indonesia juga menjadikan hari minggu sebagai hari libur nasional? bukankah mayoritas beragama Islam, sebagaimana orang orang muslim di jazirah Arab, di sana menjadikan hari Jumat sebagai hari libur agar waktunya lebih fokus ke ibadah"

Kalau yang ini karena bangsa kita pada jaman dahulu pernah di jajah oleh bangsa lain dari eropa seperti Portugis (1509-1595 M) melalui Maluku, Spanyol (1521-1692 M) di Minahasa, Sulawesi Utara walaupun pada akhirnya memilih Filipina, Belanda (1602-1942 M) menguasai Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Papua, Perancis (1806-1811 M) dilanjutkan Inggris (1811-1816 M) dan yang terakhir Jepang (1942-1945 M). Itulah yang mempengaruhi hari Minggu juga libur bagi kita orang Indonesia..

sumber : https://id.wikipedia.org 

Pencarian terkait kenapa setiap hari minggu libur, kenapa minggu dijadikan hari libur, kenapa sabtu dan minggu libur, kenapa hari minggu harus libur, kenapa libur selain hari minggu, mengapa setiap hari minggu libur, sejarah mengapa hari minggu libur,nmengapa hari minggu harus libur, alasan mengapa hari minggu libur
Advertisement
Baca Nih..!! Kenapa Hari Minggu di Jadikan Hari Libur?
== Ads ==